Hari ini :
Powered by Holy Spirit

Kitab yang melemahkan ?

Bagi para motivator atau pengajar di seminar-seminar pengembangan diri yang selalu menekankan pentingnya berpikir positif, bersikap positif dan berperasaan positif, maka kitab Pengkhotbah bisa jadi dianggap sebagai kitab yang "melemahkan". Betapa tidak ? Salah satu kata yang paling kerap disebut dalam kitab ini adalah "sia-sia". Judul-judul perikopnya juga seolah-olah menggambarkan kemuraman hidup. Contohnya : "Segala sesuatu sia-sia", "Ketidak adilan dalam hidup", "Kesia-siaan dalam hidup", "Kesia-siaan kekayaan" dan juga "Nasib semua orang sama".
Ya, sekilas Pengkhotbah nampak sebagai kitab yang pesimistis. Seumpama warna, kitab ini dianggap bukan berwarna biru, merah atau kuning cerah, tetapi abu-abu gelap.

Akan tetapi... Benarkah demikian ?!

Sebetulnya tidak juga. Sebab yang hendak diungkapkan Pengkhotbah adalah "kefanaan hidup di dunia ini dan juga bahwa dunia dan segala isinya suatu hari nanti pasti akan berlalu".
Penyadaran ini tentu sangat penting, sebab banyak orang yang tanpa sadar ingin hidup selama-lamanya di dunia ini, menumpuk kekayaan tanpa kenal batas, mengejar ilmu tanpa kenal henti...

Adakah yang jauh lebih penting daripada hidup yang sekarang ini...?

Pengkhotbah lebih menekankan kepada sesuatu yang jauh lebih penting dari itu semua, yakni "takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintahNya" (ayat 13).
Kekayaan dan pengetahuan yang kita miliki di dunia ini akan sia-sia belaka jika tidak diiringi oleh sikap Takut akan Tuhan dan tidak memegang perintah-perintahNya. Artinya bagi kita, dalam kita bekerja mencari nafkah ataupun belajar menuntut ilmu termasuk juga dalam hal pelayanan, baiklah kita melakukannya dengan sikap hormat kepada Allah.
Hanya dengan demikian, harta yang kita dapat dan pengetahuan yang kita peroleh akan menjadi berarti...

Akhir kata dari segalah yang didengar ialah : Takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintahNya karena ini adalah kewajiban setiap orang (Pengkhotbah 12:13)
Read On 0 komentar
 

Home | Powered By Holy Spirit | Peta GBI MOI | © Copyright  5770