Hari ini :
Powered by Holy Spirit

Caleb Generation (Part 1)

Salah satu kesepakatan bersama dari Hamba-hamba Tuhan se-dunia yang berkumpul di Denton, TX, Amerika Serikat, ialah bahwa TUHAN akan melahirkan "CALEB GENERATION".  Sebuah generasi di Akhir Jaman, yang akan Menjungkir Balikkan keadaan di jamannya dan Membuat Sejarah, Sebuah Generasi yang berada di Tanah Perjanjian, Generasi yang merebut dan mendapatkan apa yang dijanjikan Tuhan !
Itulah sebabnya penting bagi kita untuk mempelajari, siapakah Caleb Generation ini dan apakah ada ciri-cirinya dan yang terutama, apakah kita termasuk di dalamnya ?
Mari kita belajar....

Siapakah Kaleb :
1. Pemimpin Bani Yehuda (Bil 13:6)
2. 1 dari 12 pengintai (Bil 13:6)
3. Anak dari Yefune (“He will be facing”), Orang KENAS (Bil 32:12)

Dicatat disini bahwa Kaleb adalah orang Kenas.

Siapakah Kenas itu?
Mari kita lihat di Kitab Kejadian...
- Kej 36:1,"Inilah keturunan Esau, yaitu Edom"
- Kej 36:10,"Nama anak-anaknya ialah: Elifas, anak Ada isteri Esau; Rehuel, anak Basmat isteri Esau.
- Kej 36:11,"Anak-anak Elifas ialah Teman, Omar, Zefo, Gaetam dan Kenas."

Jadi ternyata, Kaleb bukan orang Yahudi, ia adalah orang Edom.
Orang Edom adalah orang-orang di luar perjanjian. Karena kasih karunia Tuhan, Kaleb masuk ke dalam perjanjian. Jadi ciri-ciri yang pertama dari CALEB GENERATION adalah Orang-orang yang tadinya hidup di luar Perjanjian lalu kemudian oleh karena KASIH KARUNIA dibawa masuk ke dalam Perjanjian

Apa yang terjadi 45 tahun yang lalu (Bil 13-14) :
1. Kaleb adalah 1 dari 12 pengintai yang dikirim Musa mengintai negeri Kanaan.10 orang pengintai dan seluruh bangsa tidak percaya dapat memasuki negeri perjanjian karena orang2 Enak yang tinggal didalamnya. Hanya Kaleb dan Yosua yang tetap percaya
2. Kaleb menaruh keyakinannya pada Tuhan. Ia percaya pada kekuatan Tuhan, janji Tuhan, kehadiran Tuhan dan perlindungan Tuhan (Bil 14:8-9)
3. Tuhan memperhatikan iman dan kesetiaan Kaleb dan Tuhan berjanji bahwa umur Kaleb akan diperpanjang, Kaleb akan masuk ke tanah perjanjian, dan Kaleb akan mendapatkan Hebron sebagai milik pusakanya.

Saat itu telah 45 tahun berlalu dari saat Tuhan berjanji. Kaleb telah berumur 85 tahun, dan ia belum mendapatkan apa yang dijanjikan Tuhan padanya.
Seluruh angkatan 45 tahun lalu yang telah dewasa telah mati di padang gurun, dan bahkan Musa sang pemimpin telah ditolak untuk masuk ke tanah perjanjian.


Bagaimana respon Kaleb saat itu (45 tahun kemudian)?
(Yos 14:10-13)
1. Kaleb menyatakan kesetiaan Tuhan dalam memegang janji-Nya
2. Kaleb menyatakan imannya dan tetap sepenuh hati, setia mengikuti Tuhan

Jadi apa yang dapat kita pelajari dari cerita tentang Kaleb ini?
1. Jangan pernah lupakan kasih karunia Tuhan dalam hidupmu (Yos 14:6,13,14)
Kita seperti halnya Kaleb yang berada di luar perjanjian, Yesus lah yang mengangkat kita masuk ke dalam perjanjian. Hanya karena kasih karunia Tuhan-lah kita dapat masuk ke dalam perjanjian-Nya
2. Bagaimana kita menanggapi kasih karunia tersebut : Mengikuti Tuhan Allahmu dengan sepenuh hati (Yos 14:8,9,14)

Ciri-ciri yang kedua dari CALEB GENERATION adalah Tetap mengikuti Tuhan dengan Sepenuh Hati, iman yang tidak pupus dilekang oleh waktu...

Beberapa dari kita mungkin masih muda, beberapa sudah tua, beberapa masih akan hidup lama, beberapa hanya hidup sebentar lagi, tetapi yang penting bukanlah berapa lama kita telah hidup atau berapa lama lagi kita akan hidup. yang penting adalah seberapa setia engkau dengan tahun-tahun yang sudah kau miliki. Di akhir hidup, dapatkah kita berkata seperti Kaleb,"Aku tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati" (Yos 14:8)

(TO BE CONTINUED, CIRI-CIRI PENTING BERIKUTNYA AKAN DIBAHAS DI KHOTBAH MINGGU KE-3 BULAN JAN 2011 DI GBI MOI, IBADAH 1, 2 DAN 3)

.....diambil dari Khotbah Pdt.Surjadi Sunarko di GBI MOI, 2 Jan 2011

About this entry

 

Home | Powered By Holy Spirit | Peta GBI MOI | © Copyright  5770