Hari ini :
Powered by Holy Spirit

Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau biasa disebut dengan hipotensi disebabkan karena faktor-faktor sebagai berikut :
1. Kerusakan pada lambung. Sehingga di dalam proses pencernaan makanan tidak sempurna yang berakibat sari-sari makanan atau santennya kurang dari cukup menurut kebutuhan tubuh.
2. Kekurangan getah lambung atau enzim pepsin. Dalam kondisi kekurangan asam lambung, berarti makanan yang telah dimakan tidak secepatnya dapat hancur, orang tersebut tidak merasa lapar atau dengan kata lain nafsu makan menurun. Kalau seseorang menderita kekurangan getah lambung, sekalipun makanan yang bergizi tersedia, sama artinya dengan kekurangan makanan.
3. Orangnya terlalu sibuk, sehingga jam-jam di dalam keseharian dipergunakan untuk bekerja memeras keringat, dan tidak pernah ada waktu untuk beristirahat. Hal ini berbarti kalori yang dikeluarkan untuk tenaga jauh lebih besar dibandingkan dengan asupan kalorinya. Seharusnya apabila seseorang terporsir, jumlah karbohidrat yang dimiliki oleh nasi, jagung, ketela, roti, harus berlipat ganda. Misalnya makan paling tidak 3 atau 4 kali dalam sehari dengan porsi yang lebih. Tetapi kenyataannya, kalau seseorang mengalami kelelahan justru susuh makan. Kalau hal-hal demikian berlarut-larut tentu ada organ tubuh yang rusak, mungkin hati atau ginjal. Tetapi satu hal yang pasti jumlah hemoglobin (sel darah merah) menjadi sedikit.
4. Seseorang yang sedang mengalami stress berat, termasuk juga depresi jiwa, tentu tidak memperhatikan kebuutuhan tubuh termasuk makan. Disini juga terjadi kekurangan makan yang berakibat tensinya rendah.

Gejala darah rendah :
1. Mengantuk
2. Kesemutan
3. Wajah pucat
4. Cepat capek, lelah, dan lemas
5. Pusing dengan bagian belakang kaku
6. Pelupa
7. Dari jongkok ke berdiri berkunang-kunang
8. Mudah tersinggung

Tips Pengobatan :
Untuk pengobatannya cukup tiap pagi dan sore makan telur ayam kampung mentah kuningnya saja satu biji dan madu lebah 2 sendok makan. Dilakukan secara berulang kali sampai tensinya naik. 
Bila Anda merasakan gejala penurunan tekanan darah, Anda harus segera duduk atau berbaring dan mengangkat kaki Anda di atas ketinggian jantung.

About this entry

 

Home | Powered By Holy Spirit | Peta GBI MOI | © Copyright  5770