Hari ini :
Powered by Holy Spirit

Penyertaan Tuhan

Pikirkan: Ingin dikenal sebagai orang yang bagaimanakah kamu? Yang keren, kaya, pintar, terkenal, rajin, baik hati, jujur dan bertanggung jawab? Ataukah sebagai orang yang cacat, bodoh, pendusta, menyebalkan, tukang tipu dsb (yang kriterianya gak enak didengar)?

Tiap orang pasti memilih yang baik. Ini sudah bawaan dari sononya. Namun, taukah kamu bahwa setiap pilihan yang baik tanpa penyertaan Allah berarti kesia-siaan?
Bayangkan ada betapa banyak tokoh Alkitab yang hebat namun mengakhiri hidup sia-sia karena tak mendapat penyertaan Tuhan. Berikut, nama tokoh hebat Alkitab versi saya yang jarang diakui orang...

1. Goliat. Mungkin orang menganggapnya lemah karena kalah terhadap Daud. Tapi bayangkan keadaan medan perang sebelum Daud datang. Goliat mengintimidasi tentara Israel. Tak ada satu pun yang berani mendekat kepadanya. Bahkan dia adalah andalan negrinya. Badannya tinggi, besar, ahli berperang, punya wibawa yang cukup besar, bahkan keberaniannya luar biasa. Namun, tanpa penyertaan Tuhan, kita semua tahu bagaimana akhir hidupnya..

2. Izebel. Kenapa dia hebat? Karena dia berhasil membuat salah seorang nabi yang dianggap paling besar dalam sejarah Israel menderita dan depresi! Dia berhasil menguasai hati suaminya, sang raja dan melakukan tujuan-tujuannya dengan siasat yang hebat. Dia benar-benar tahu apa yang dia inginkan dalam hidup. Sungguh menakjubkan bukan, jika kita punya kesempatan untuk mengenal seorang wanita yang berpendirian teguh macam dia?

3. Absalom. Ganteng, keren, anak raja, (pastinya banyak duit dong..), terpandang dan disukai semua orang. Well, apa lagi yang kurang, coba? Bahkan dia berhasil membuat raja Israel mengungsi keluar dari istananya. Hebat gak..

4. Herodes. Dia seorang raja yang berhasil mengukuhkan namanya dalam sejarah Israel. Bahkan sejarah mencatat tentang kehebatannya menguasai klannya walaupun menurut berita, dia sedikit sakit jiwa..

Yeah, mungkin masih banyak lagi nama hebat yang jarang diakui orang seperti nama-nama di atas. Mereka hebat dan benar-benar tahu apa yang mereka inginkan dalam hidup. Namun apa hasil akhirnya? Mereka hidup dan mati dalam kesia-siaan. Mengapa? Karena mereka tak disertai Tuhan.

Bandingkan dengan...
Daud yang menghadapi singa dan beruang di padang
Yusuf di rumah Potifar sebagai budak; juga di penjara
Daniel di negara yang menawannya
Yosua di medan perang
Musa di padang gurun

Mereka ini orang-orang yang mengawali hidup mereka dengan kisah yang gak terlalu populer untuk diceritakan, namun mengakhiri hidup mereka dengan sebuah kepastian dan kemenangan, karena mereka disertai Tuhan.

Tempat kita bukanlah alasan kita jadi hebat atau tidak. Waktu kita hidup bukanlah alasan yang membedakan kita dari orang lainnya. Yang membedakan kita hanyalah satu hal: Penyertaan Tuhan dalam hidup kita.
Mungkin kamu merasa bagai di padang gurun sekarang ini, sendiri dalam sunyi. Atau di penjara, yang mengungkung kebebasanmu. Atau bisa jadi di medan perang menghadapi begiitu banyak persoalan dalam hidup. Jangan takut dengan keadaan atau apa yang kamu miliki, tapi mintalah penyertaaan Tuhan untuk menuntun setiap langkahmu, agar kita dapat merasakan bahwa kita tidak sama dengan orang lain (sehebat apapun mereka) yang tidak beroleh penyertaan Tuhan..

Jika Allah di pihak kita, siapakah lawan kita?

About this entry

  1. Sungguh sangat memberkati saya, kiranya penyertaan Tuhan itu selalu nyata dalam hidup saya, keluarga saya, dan semua orang yang saya kenal maupun tidak kenal, agar hidup ini menjadi berkemangan walau tanpa awal yang hebat dan spektakuler.

 

Home | Powered By Holy Spirit | Peta GBI MOI | © Copyright  5770